Ilmu
2436 Hits

Apakah Malaikat Menyembunyikan Sesuatu ?

Dan (ingatlah)Allah berfirman: “Hai Adam, beritahukanlah kepada mereka nama-nama benda ini”. Maka setelah diberitahukannya kepada mereka nama-nama benda itu, Allah berfirman: “Bukankah sudah Ku katakan kepadamu, bahwa sesungguhnya Aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan?” ( Qs Al Baqarah : 33 )

( 1 ) ARTI GHOIB

Ghoib adalah sesuatu yang tidak bisa kita lihat, atau yang tidak kita ketahui. Ghoib ini secara umum bisa dibagi menjadi dua :

1/ Ghoib Mutlak adalah segala yang ghoib dan kita tidak mengetahui secara mutlak, tidak ada muqaddimahnya sedikitpun dan selalu mengagetkan kita. Dan inilah yang dimaksud dalam ayat ini, bahwa Allah-lah yang mengetahui segala sesuatu yang ghoib mutlak.

2/Ghoib Nisbi, adalah segala sesuatu yang diketahui oleh manusia sebagiannya saja, seperti halnya kita mengetahui bahwa rumah kita dicuri, karena sebagian barangnya tidak ada, tetapi kita tidak tahu secara persis siapa yang mencurinya atau kapan dicurinya. Ghoib Nisbi sebenarnya tidak bisa disebut ghoib, karena kadang-kadang manusia bisa mengetahuinya dengan mencari sebab dan tanda-tandanya. [1]

( 2) APAKAH MALAIKAT MENYEMBUNYIKAN SESUATU ?

Ketika seseorang membaca akhir ayat di atas yang menyatakan bahwa Allah « mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan « akan timbul di dalam benaknya beberapa pertanyaan, diantaranya adalah : apakah malaikat pernah menyembunyikan sesuatu di dalam hati mereka dan tidak diungkapkannya kepada Allah ? Seandainya jawabannya « Iya « , lantas apa yang disembunyikannya ? Ataukah ada makhluk lain yang bersama malaikat waktu itu, dan menyembunyikan sesuatu di dalam hati mereka ?

Secara sekilas, memang bisa dikatakan bahwa malaikat-lah yang mengatakan di dalam batin mereka bahwa manusia ini akan membuat kerusakan di muka bumi [2]. Jawaban ini meninggalkan beberapa pertanyaan juga : bukankah malaikat itu makhluk Allah yang taat, apa perlunya menyembunyikan sesuatu dari Allah swt, selain itu bukankah Allah telah menyebutkan pada ayat sebelumnya bahwa malaikat telah mengatakan hal tersebut secara terus terang ?

Ini bukan satu-satunya pendapat, karena dimungkinkan juga bahwa yang menyembunyikan sesuatu di dalam hati mereka, adalah Iblis. Dia menyembunyikan rasa sombong dan takabbur. [3] Dia tetap merasa lebih baik dari Adam , walaupun telah terbukti dengan jelas bahwa Adam mempunyai kelebihan ilmu dibanding dengannya. Rasa sombong inilah yang akhirnya membuatnya enggan untuk bersujud kepada Adam. Jawaban ini menimbulkan pertanyaan baru : bukankah Iblis di dalam ayat berikutnya disebutkan secara tunggal, karena dia hanya-lah penyusup dalam barisan malaikat, tetapi kenapa di dalam ayat ini disebut secara jamak ?

Disana ada yang mengartikan ayat di atas sebagai berikut : bahwa Allah mengetahui apa yang disebutkan para malaikat dengan perkataan mereka “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Dan Allah juga mengetahui apa yang disembunyikan Iblis di dalam dirinya akan perasaan enggan dan sombong serta takabbur.

Lepas dari beberapa pendapat di atas, akan tetapi yang perlu kita yakini di sini sebagaimana pesan ayat di atas bahwa Allah swt Maha Mengetahui apa yang nampak, maupun yang tersembunyi. [4] Dan inilah pesan yang terpenting untuk manusia dari ayat di atas.


[1] Lihat Tafsir Sya’rawi : 1/ 253,

[2] Lihat Tafsir Sya’rawi : 1/ 253 Diriwayatkan dari Abu Aliyah, Rabi’, Hasan dan Qatadah bahwa yang disembunyikan malaikat adalah perkataan : “ Allah tidak akan menciptakan suatu makhluk kecuali kita lebih baik dan lebih mengetahui darinya. “ ( lihathttp://www.alshamsi.net/man/messenger/adam1.html )

Lihat Tafsir Adwau Al Bayan , lihat juga : http://www.almodarresi.com/hedayat/17/a20igg8r.htm.

[4] Lihat Tafsir Qurtubi : 1/ 199