Karya Tulis
5711 Hits

Serba-serbi puasa Ramadhan

Amalan apa yang paling utama dikerjakan pada bulan Ramadhan?

Jawaban :

Amalan yang paling utama dikerjakan pada bulan Ramadhan adalah berpuasa. Selain itu, dianjurkan juga untuk banyak membaca Al Qur'an, memberikan sedekah kepada fakir miskin, berbakti kepada orang tua, berbuat baik kepada orang lain, memperbanyak salat sunnah, melakukan salat wajib dan Tarawih secara berjamaah, memberikan makanan untuk buka kepada orang yang sedang puasa dan lain-lainnya.

 

Pemuda yang sudah saatnya menikah tetapi belum mampu, dianjurkan berpuasa, karena puasa adalah obat baginya. Apa maksudnya?

Jawaban :

Hadits yang dimaksud adalah sabda Rasulullah saw:

يا معشر الشباب من استطاع منكم الباءة فليتزوج ، فإنه أغض للبصر وأحصن للفرج ، ومن لم يستطع فعليه بالصوم فإنه له وجاء

"Wahai para pemuda, barang siapa yang sudah mampu untuk menikah, maka hedaknya ia menikah, karena sesungguhnya menikah itu lebih bisa menundukkan pandangan dan menjaga kemaluan. Dan barang siapa yang belum mampu menikah hendaknya dia berpuasa, karena sesungguhnya puasa tersebut merupakan obat  baginya.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dalam hadits di atas Rasulullah saw memerintahkan pemuda yang belum mampu menikah agar memperbanyak puasa. Dengan puasa, gelora syahwat seseorang akan bisa ditekan dan ditundukkan. Orang yang lapar biasanya syahwat tidak sekuat di saat dia kenyang. Dengan demikian orang yang selalu melakukan ibadah puasa tidak banyak terpikir dalam dirinya untuk berbuat maksiat, karena selain dia dalam keadaan beribadah kepada Allah, dia juga tidak ada keinginan untuk itu. Inilah yang dimaksud bahwa puasa merupakan obat dan penekan syahwat para pemuda yang belum mampu menikah. Wallahu A'lam.