Penulis
343 Hits

Catatan Harian #11


Makna Sunnah

Makna As-Sunnah

Salah satu maknaas-Sunnah” secara bahasa adalah Perilaku atau Kebiasaan yang buruk maupun yang baik. 

Ada beberapa hadist yang menunjukkan hal itu, diantaranya :

Hadits Pertama : Hadits Jarir bin Abdullah radhiyallahu 'anhu bahwa nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

         مَنْ سَنَّ فِى الإِسْلاَمِ سُنَّةً حَسَنَةً فَلَهُ أَجْرُهَا وَأَجْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا بَعْدَهُ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أُجُورِهِمْ شَىْءٌ وَمَنْ سَنَّ فِى الإِسْلاَمِ سُنَّةً سَيِّئَةً كَانَ عَلَيْهِ وِزْرُهَا وَوِزْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا مِنْ بَعْدِهِ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أَوْزَارِهِمْ شَىْءٌ

Barang siapa yang mencontohkan kebiasaan yang baik di dalam Islam, maka ia akan mendapat pahala dan pahala orang yang mengamalkannya setelahnya tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun. Dan barang siapa yang mencontohkan kebiasaan yang jelek, maka ia akan mendapat dosa dan dosa orang yang mengerjakannya sesudahnya tanpa mengurangi dosa mereka sedikit pun.” (HR. Bukhari, 1017 dan Muslim, 2398)

Hadist di atas menunjukan bahwa sunnah secara bahasa, kadang dipakai untuk kebiasaan atau perilaku baik, dan kadang pula dipakai untuk kebiasaan atau perilaku buruk.

 Hadits Kedua : Hadit Abu Sa'id al-Khudri radhiyallahu 'anhu,  bahwasanya Nabi shallallâhu 'alaihi wa sallam bersabda:

لَتَتَّبِعُنَّ سَنَنَ مَنْ كاَنَ قَبْلَكُمْ شِبْراً بِشِبْرٍ وذِرَاعاً بِذِرَاعٍ, حَتَّى لَوْ سَلَكُوْا جُحْرَ ضَبٍّ لَسَلَكْتُمُوْهُ. قُلْنَا: يَارَسُوْلَ اللهِ, الْيَهُوْدَ وَالنَّصَارَى ؟ قَالَ: فَمَنْ ؟

         "Sungguh kalian akan mengikuti kebiasaan orang-orang sebelum kamu, sejengkal-demi sejengkal, sehasta demi sehasta, hingga andaikata mereka menelusuri lubang masuk sejenis biawak, niscaya kalian akan menelusurinya pula". (HR. Bukhari)

Sunan dalam hadist di atas berarti Kebiasan Buruk. Wallahu A’lam

( A. Zain An-Najah, 05.30, Sabtu, 1/12/1437- 3/9/2016, Villa Nusa Indah, Bogor)