Penulis
360 Hits

Catatan Harian #43


Hukum Menjamak Sholat Maghrib dan Isya karena macet

Hukum Menjamak Sholat Maghrib dan Isya karena macet

Pertanyaan:

Ustd mau tanya, saya jam kantor plg jam 5 dan kl pulang jam 5 biasanya ga kebagian maghrib karena pasti maghrib masih di jalan tol,  agak sulit untuk mencari tempat sholat. sebaiknya gmn ya ustd apakah boleh di jamak setiap hari (kecuali sabtu ahad tentunya) atau pulanggnya nunggu isya di masjid deket ktr sehingga bisa sholat maghrib dan isya berjamaah tapi konsekuensinya sampai rumah cukup malam. jazakumullah khoiran. ( Joko )

Jawaban:

Ada beberapa cara untuk menanggulangi masalah di atas :

(1). Anda pulang jam 17.00, dan mencari masjid, musholla, SPBU terdekat untuk sholat Maghrib, sebelum masuk toll dan ini tidak sulit.

(2). Jika sudah masuk tol, maka cari rest area jika ada. Jika tidak ada, anda bisa exit pada pintu tol yang  terdapat masjid di dekatnya.  

(3). Anda menunggu sholat Maghrib  di kantor terlebih dahulu, kemudian pulang walaupun sampainya agak malam dan sholat Isya di rumah.

Adapun menjamak sholat Maghrib dan Isya’ setiap hari, tidak dibenarkan kecuali dalam keadaan darurat dan tidak ada cara lain, padahal banyak alternatif yang bisa dipilih. Wallahu A’lam.

( AZA, Mobil Uber, Bekasi- Jakarta,  Pukul. 7.10, Rabu,  15 Rajab 1438 H/ 12 April 2017 )