Penulis
2403 Hits

Sudah Tiga Malam Israel Kembali Blokade Listrik di Gaza

gaza-blindLebih dari 1, 5 juta rakyat Palestina yang tinggal di Jalur Gaza kian menderita akibat pemutusan aliran listrik ke wilayah itu yang dilakukan Zionis-Israel. Jika malam tiba, nyaris seluruh wilayah Gaza gelap gulita, hanya ada satu-dua tempat yang diterangi oleh cahaya lilin. Di beberapa sudut masih ada mesin generator kecil yang bekerja dengan bantuan gas, tetapi ini pun hanya cukup untuk satu atau dua malam lagi. “Sumber tenaga listrik untuk Gaza memang kembali diputus alirannya oleh Israel. Kami tidak bisa menebak sampai kapan hal ini akan terus terjadi. Saat ini sekitar 30-35% rumah di Tepi Barat dan seluruh rumah di Jalur Gaza sama sekali tidak mendapat suplai listrik, ” ujar Kan’an Ubaid, pejabat di Kementerian Sumber Daya Alam dan Mineral Palestina.

Hal yang sama sebenarnya pernah terjadi sejak September tahun lalu ketika Israel memutuskan aliran listrik ke Jalur Gaza sebagai upaya blokade total terhadap warga Gaza yang dinilai mendukung HAMAS.

Yang menyedihkan, hal ini menjadikan rumah sakit-rumah sakit di Gaza tidak bisa beroperasi dengan semestinya. Banyak pasien setempat yang menemui ajal disebabkan tidak bisa dioperasi karena tidak ada aliran listrik yang cukup. Atas tindakan Zionis-Israel ini, pemerintah Amerika Serikat bungkam seribu bahasa seolah tidak mengetahui apa yang dikerjakan oleh sekutu terdekatnya itu.(rz)

sumber: eramuslim.com