Karya Tulis
787 Hits

Tafsir An-Najah QS[5]: 35 BAB 296


Tafsir An-Najah (QS. Al-Maidah[5]: 35)

BAB 296

 

 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَابْتَغُوْٓا اِلَيْهِ الْوَسِيْلَةَ وَجَاهِدُوْا فِيْ سَبِيْلِهٖ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

 

“Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah, carilah wasilah (jalan untuk mendekatkan diri) kepada-Nya, dan berjihadlah (berjuanglah) di jalan-Nya agar kamu beruntung.” (QS. Al-Maidah[5]: 35)

 

- Pada ayat sebelumnya, dijelaskan orang-orang yang  bertaubat dari dosa-dosa yang dilakukan. Maka pada ayat ini, Allah memerintahkan orang-orang beriman untuk selalu bertaqwa dan mendekatkan diri kepada-Nya dengan berbagai amal shalih.

- Firman-Nya,

 اتَّقُوا اللّٰهَ وَابْتَغُوْٓا اِلَيْهِ الْوَسِيْلَةَ

Jika terdapat perintah untuk bertaqwa kepada Allah, diiringi perintah untuk melakukan suatu amal shalih, hal itu menunjukkan bahwa taqwa disitu artinya menjauhi larangan-larangan Allah.

Adapun makna (الْوَسِيْلَةَ) di sini adalah segala sesuatu yang bisa menyambungkan kepada sesuatu yang lain atas dasar keinginan yang kuat untuk itu. Dari kata ini muncullah istilah “التّوسّل” terdapat tiga kata yang maknanya mirip, tetapi terdapat perbedaan di dalamnya, yaitu: التّوسّل, التّقرُّب, التّوصّل

1. (التّوسّل) artinya usaha untuk bisa menyambungkan diri kepada Allah dengan sesuatu amal atas dasar keinginan yang kuat untuk itu.

2. (التّوصّل) artinya usaha untuk bisa menyambungkan kepada sesuatu dengan sesuatu yang lain.

3. (التّقرُّب) artinya usaha untuk bisa mendekatkan diri kepada Allah dengan sesuatu amal shalih.

Al-Wasilah juga berarti derajat atau tingkatan dalam surga yang paling tinggi, yang akan ditempati oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam. Hal ini seusai dengan hadits Abdullah bin ‘Amru bin ‘Ash bahwa Nabi bersabda,

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ : إِذَا سَمِعْتُمُ الْمُؤَذِّنَ فَقُولُوا مِثْلَ مَا يَقُولُ ثُمَّ صَلُّوا عَلَىَّ فَإِنَّهُ مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا ثُمَّ سَلُوا اللَّهَ لِىَ الْوَسِيلَة فَإِنَّهَا مَنْزِلَةٌ فِى الْجَنَّةِ لاَ تَنْبَغِى إِلاَّ لِعَبْدٍ مِنْ عِبَادِ اللَّهِ وَأَرْجُو أَنْ أَكُونَ أَنَا هُوَ فَمَنْ سَأَلَ لِىَ الْوَسِيلَة حَلَّتْ لَهُ الشَّفَاعَةُ 

“Dari Abdullah bin Amr bin Al-‘Ash radhiyallahu’anhuma bahwasannya beliau pernah mendengar Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bersabda: Jika kalian mendengarkan azan maka ucapkanlah seperti yang diucapkan mu’adzin, kemudian bershalawatlah atasku, karena sesungguhnya barangsiapa yang bershalawat atasku satu kali maka Allah ta’ala akan bershalawat atasnya sepuluh kali. Kemudian mintalah wasilah untukku kepada Allah, karena sesungguhnya wasilah itu adalah satu kedudukan (yang tinggi) di surga, yang tidak patut diberikan kecuali kepada seorang hamba Allah, dan aku berharap akulah hamba tersebut. Barangsiapa yang memohon wasilah untukku maka ia berhak mendapatkan syafa’atku. [HR. Muslim]

At-Tawashul menyambung diri kepada Allah atau At-Taqarrub (Mendekatkan diri kepada Allah) harus dengan sarana-sarana yang telah di ajarkan oleh Allah dan Rasul-Nya, berupa berbagai bentuk amal shalih. Tidak boleh bertawassul dengan hal-hal yang tidak diajarkan oleh Allah dan Rasul-Nya. Hal itu, karena tidak semua orang yang ingi mendekatkan diri kepada Allah, kemudian menjadi dekat kepadanya. Jika sarana yang dipakai adalah salah, justru malah menjauhkan dirinya dari Allah.

Sebagai contoh, orang-orang musyrik ingin mendekatkan diri mereka kepada Allah. tetapi sarana yang digunakan tidak tepat, atau salah di dalam menggunakan sarananya, sehingga justru semakin menjauhkan diri mereka dari Allah. Hal ini diungkap oleh Allah di dalam firman-Nya,

…وَالَّذِيْنَ اتَّخَذُوْا مِنْ دُوْنِهٖٓ اَوْلِيَاۤءَۘ مَا نَعْبُدُهُمْ اِلَّا لِيُقَرِّبُوْنَآ اِلَى اللّٰهِ زُلْفٰىۗ

 

“…Orang-orang yang mengambil pelindung selain Dia (berkata,) “Kami tidak menyembah mereka, kecuali (berharap) agar mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya…” (QS. Az-Zumar[39]: 3)

Ayat ini menjelaskan pengakuan orang-orang musyrik bahwa mereka menyembah berhala tujuannya adalah sebagai sarana untuk mendekatkan diri mereka kepada Allah. Tentu hal ini merupakan kesesaatan yang nyata.

Beberapa contoh At-Tawassul yang benar adalah yang diterangkan di dalam beberapa hadits di bawah ini:

Pertama: Hadits Qudsi yang menyatakan, bahwa Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, bahwa Allah berfirman,

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم: (إِنَّ اللهَ تَعَالَى قَالَ: مَنْ عَادَى لِي وَلِيَّاً فَقَدْ آذَنْتُهُ بِالحَرْبِ. وَمَا تَقَرَّبَ إِلِيَّ عَبْدِيْ بِشَيءٍ أَحَبَّ إِلِيَّ مِمَّا افْتَرَضْتُهُ عَلَيْهِ. ولايَزَالُ عَبْدِيْ يَتَقَرَّبُ إِلَيَّ بِالنَّوَافِلِ حَتَّى أُحِبَّهُ، فَإِذَا أَحْبَبتُهُ كُنْتُ سَمْعَهُ الَّذِيْ يَسْمَعُ بِهِ، وَبَصَرَهُ الَّذِيْ يُبْصِرُ بِهِ، وَيَدَهُ الَّتِي يَبْطِشُ بِهَا، وَرِجْلَهُ الَّتِي يَمْشِيْ بِهَا. وَلَئِنْ سَأَلَنِيْ لأُعطِيَنَّهُ، وَلَئِنْ اسْتَعَاذَنِيْ لأُعِيْذَنَّهُ) رَوَاهُ اْلبُخَارِيُّ

 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: ‘Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya Allah berfirman: ”Barangsiapa yang memusuhi wali-Ku, maka Aku menyatakan perang kepadanya. Tidaklah seorang hamba–Ku mendekatkan diri kepada–Ku dengan sesuatu yang lebih  Aku cintai daripada hal–hal yang telah Aku wajibkan baginya. Senantiasa hamba–Ku mendekatkan diri kepada–Ku dengan amalan–amalan nafilah (sunnah) hingga Aku mencintainya. Apabila Aku telah mencintainya maka Aku menjadi pendengarannya yang dia gunakan untuk mendengar, Aku menjadi penglihatannya yang dia gunakan untuk melihat, Aku menjadi tangannya yang dia gunakan untuk memegang  dan Aku menjadi kakinya yang dia gunakan untuk melangkah. Jika dia meminta kepada–Ku pasti Aku memberinya dan jika dia meminta perlindungan kepada–Ku pasti Aku akan melindunginya.” (HR. Al Bukhari)

Hadits di atas menunjukkan bahwa At-Tawassul  kepada Allah yang paling baik adalah dengan mengerjakan amal-amal yang diwajibkan Allah kepada hamba-Nya, seperti menjaga shalat lima waktu, membayar zakat, melaksakan ibadah haji, berbakti kepada kedua orangtua, menunaikan amanat, puasa ramadhan, mencari nafkah yang halal dan kewajiban-kewajiban lainnnya.

Kemudian setelah itu, agar dicintai oleh Allah, seorang hamba hendaknya mengerjakan amalan-amalan yang sunnah, seperti menjaga shalat rawatib 12 raka’at sehari semalam, puasa senin-kamis, membaca Al-Qur’an, membantu fakir miskin, menyantuni anak yatim dan amalan-amalan sunnah lainnya.

Kedua: Hadits yang menceritakan tiga orang yang terjebak di dalam gua. Kemudian Allah menyelamatkan mereka dengan amal-amal shalih yang merea kerjakan selama ini.

 عن عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ انْطَلَقَ ثَلاثَةُ رَهْطٍ مِمَّنْ كَانَ قَبْلَكُمْ حَتَّى أَوَوْا الْمَبِيتَ إِلَى غَارٍ فَدَخَلُوهُ فَانْحَدَرَتْ صَخْرَةٌ مِنْ الْجَبَلِ فَسَدَّتْ عَلَيْهِمْ الْغَارَ فَقَالُوا إِنَّهُ لا يُنْجِيكُمْ مِنْ هَذِهِ الصَّخْرَةِ إِلا أَنْ تَدْعُوا اللَّهَ بِصَالِحِ أَعْمَالِكُمْ ، فَقَالَ رَجُلٌ مِنْهُمْ اللَّهُمَّ كَانَ لِي أَبَوَانِ شَيْخَانِ كَبِيرَانِ وَكُنْتُ لا أَغْبِقُ – شُرْب الْعَشِيّ – قَبْلَهُمَا أَهْلا وَلا مَالا فَنَأَى بِي فِي طَلَبِ شَيْءٍ يَوْمًا فَلَمْ أُرِحْ عَلَيْهِمَا حَتَّى نَامَا فَحَلَبْتُ لَهُمَا غَبُوقَهُمَا فَوَجَدْتُهُمَا نَائِمَيْنِ وَكَرِهْتُ أَنْ أَغْبِقَ قَبْلَهُمَا أَهْلا أَوْ مَالا فَلَبِثْتُ وَالْقَدَحُ عَلَى يَدَيَّ أَنْتَظِرُ اسْتِيقَاظَهُمَا ُ [َ فَكَرِهْتُ أَنْ أُوقِظَهُمَا وَالصِّبْيَةُ يَتَضَاغَوْنَ – الصِّيَاح بِبُكَاء بسبب الجوع – عِنْدَ رِجْلَيَّ فَلَمْ يَزَلْ ذَلِكَ دَأْبِي وَدَأْبَهُمَا حَتَّى طَلَعَ الْفَجْرُ ] حَتَّى بَرَقَ الْفَجْر فَاسْتَيْقَظَا فَشَرِبَا غَبُوقَهُمَا اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتُ فَعَلْتُ ذَلِكَ ابْتِغَاءَ وَجْهِكَ فَفَرِّجْ عَنَّا مَا نَحْنُ فِيهِ مِنْ هَذِهِ الصَّخْرَةِ فَانْفَرَجَتْ شَيْئًا لا يَسْتَطِيعُونَ الْخُرُوج 

Dari Abdullah bin Umar radhiallahu anhuma, dia berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Ada tiga orang dari umat sebelum kalian melakukan perjalanan, lalu mereka masuk ke dalam gua untuk berteduh di sana. Tiba-tiba ada batu besar yang runtuh dari atas gunung dan menutup pintu gua. Mereka berkata, “Kalian tidak dapat selamat dari batu ini kecuali kalian berdoa dengan perantara amal-amal salih kalian.”

Lalu salah seorang dari mereka berdoa, “Ya Allah, dahulu saya memiliki kedua orang tua yang sudah renta. Saya tidak memberi minuman di  malam hari untuk keluarga saya atau hewan ternak saya, sebelum saya memberi  minuman untuk keduanya. Suatu saat saya ada keperluan hingga pulang larut dan belum sempat saya beri minum. Maka saya buatkan minuman untuk mereka, namun ternyata saya dapatkan mereka telah tertidur. Saya tidak ingin memberikan minum kepada keluarga dan hewan ternak saya sebelum saya memberikan minum untuk keduanya, maka saya tunggu mereka bangun dari tidur sambil memegangi wadah minuman tersebut. Saya pun tidak ingin membangunkan keduanya, sementara anak-anak saya menangis-nangis kelaparan dan memegangi kaki saya. Begitu seterusnya hingga terbit fajar. Kemudian terbit fajar, lalu aku membangunkan keduanya dan memberinya minum. 

“Ya Allah, jika aku melakukan hal itu karena mengharap wajah-Mu, lepaskanlah kami dari batu ini.” Lalu batu itu bergeser sedikit, namun mereka belum dapat keluar darinya.

قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَالَ الآخَرُ اللَّهُمَّ كَانَتْ لِي بِنْتُ عَمٍّ كَانَتْ أَحَبَّ النَّاسِ إِلَيَّ [ كُنْتُ أُحِبُّ امْرَأَةً مِنْ بَنَاتِ عَمِّي كَأَشَدِّ مَا يُحِبُّ الرَّجُلُ النِّسَاءَ ] فَأَرَدْتُهَا عَنْ نَفْسِهَا فَامْتَنَعَتْ مِنِّي حَتَّى أَلَمَّتْ بِهَا سَنَةٌ مِنْ السِّنِينَ فَجَاءَتْنِي [ فَقَالَتْ لا تَنَالُ ذَلِكَ مِنْهَا حَتَّى تُعْطِيَهَا مِائَةَ دِينَارٍ فَسَعَيْتُ فِيهَا حَتَّى جَمَعْتُهَا ] فَأَعْطَيْتُهَا عِشْرِينَ وَمِائَةَ دِينَارٍ عَلَى أَنْ تُخَلِّيَ بَيْنِي وَبَيْنَ نَفْسِهَا فَفَعَلَتْ حَتَّى إِذَا قَدَرْتُ عَلَيْهَا قَالَتْ لا أُحِلُّ لَكَ أَنْ تَفُضَّ الْخَاتَمَ إِلا بِحَقِّهِ [قَالَتْ اتَّقِ اللَّهَ وَلا تَفُضَّ الْخَاتَمَ إِلا بِحَقِّهِ ] فَتَحَرَّجْتُ مِنْ الْوُقُوعِ عَلَيْهَا فَانْصَرَفْتُ عَنْهَا [ فَقُمْتُ وَتَرَكْتُهَا] وَهِيَ أَحَبُّ النَّاسِ إِلَيَّ وَتَرَكْتُ الذَّهَبَ الَّذِي أَعْطَيْتُهَا اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتُ فَعَلْتُ ابْتِغَاءَ وَجْهِكَ فَافْرُجْ عَنَّا مَا نَحْنُ فِيهِ فَانْفَرَجَتْ الصَّخْرَةُ [فَفَرَجَ عَنْهُمْ الثُّلُثَيْنِ ]  غَيْرَ أَنَّهُمْ لَا يَسْتَطِيعُونَ الْخُرُوجَ مِنْهَا

“Lalu Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Yang lain berkata, ya Allah, dahulu ada puteri pamanku yang sangat aku cintai, lalu aku ingin berbuat zina dengannya, namun dia menolaknya. Hingga suatu saat terjadi musim paceklik. Maka dia datang (untuk meminta bantuan), maka aku memberikannya 120 dinar dengan syarat dia menyerahkan dirinya kepadaku. Maka dia bersedia. Hingga ketika aku dapat melakukan apa yang aku inginkan terhadapnya, dia berkata, ‘bertakwalah kepada Allah, cincin tidak boleh dilepas kecuali oleh orang yang berhak.”Maka akupun takut melakukan perbuatan itu, lalu aku tinggalkan dia padahal dia adalah orang yang paling aku cintai. Aku tinggalkan pula emas yang telah aku berikan kepadanya. “Ya Allah, jika aku melakukan hal tersebut semata untuk mengharap wajah-Mu, maka bebaskan aku dari apa yang aku alami ini.” Lalu batu itu bergeser dua pertiganya, namun mereka masih telah belum dapat keluar.”

قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَالَ الثَّالِثُ اللَّهُمَّ إِنِّي اسْتَأْجَرْتُ أُجَرَاءَ فَأَعْطَيْتُهُمْ أَجْرَهُمْ ( أَيْ : ثَمَنه) غَيْرَ رَجُلٍ وَاحِدٍ تَرَكَ الَّذِي لَهُ وَذَهَبَ فَثَمَّرْتُ أَجْرَهُ حَتَّى كَثُرَتْ مِنْهُ الأَمْوَالُ فَجَاءَنِي بَعْدَ حِينٍ فَقَالَ يَا عَبْدَ اللَّهِ أَدِّ إِلَيَّ أَجْرِي فَقُلْتُ لَهُ كُلُّ مَا تَرَى مِنْ أَجْرِكَ مِنْ الإِبِلِ وَالْبَقَرِ وَالْغَنَمِ وَالرَّقِيقِ فَقَالَ يَا عَبْدَ اللَّهِ لا تَسْتَهْزِئُ بِي فَقُلْتُ إِنِّي لا أَسْتَهْزِئُ بِكَ فَأَخَذَهُ كُلَّهُ فَاسْتَاقَهُ فَلَمْ يَتْرُكْ مِنْهُ شَيْئًا اللَّهُمَّ فَإِنْ كُنْتُ فَعَلْتُ ذَلِكَ ابْتِغَاءَ وَجْهِكَ فَافْرُجْ عَنَّا مَا نَحْنُ فِيهِ فَانْفَرَجَتْ الصَّخْرَةُ فَخَرَجُوا يَمْشُونَ .

“Lalu Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Yang ketiga berkata, ‘Ya Allah, dahulu aku menyewa beberapa orang pekerja, lalu aku berikan upah mereka masing-masing kecuali satu orang yang meninggalkannya begitu saja. Maka upahnya tersebut aku investasikan hingga berkembang. Lalu (sekian lama kemudian) orang itu datang kepadaku dan berkata, ‘Wahai fulan, berikan upahku.’ Maka aku katakan kepadanya, ‘Semua yang engkau lihat berupa onta, sapi, kambing dan budak adalah upahmu.” Maka orang itu berkata, ‘Wahai Abdullah, jangan meledek aku,’ Aku berkata, ‘Sungguh aku tidak meledekmu.” Lalu orang itu mengambil semua haknya tanpa menyisakan sedikitpun. “Ya Allah, jika aku lakukan semua itu karena berharap wajah-Mu, maka bebaskanlah aku dari apa yang aku alami ini.” Lalu batu itu bergerak sehingga akhirnya mereka dapat keluar meninggalkan tempat tersebut.”

 

- Hadits di atas menunjukkan bahwa tiga orang yang terjebak dalam gua, mereka bertawassul kepada Allah agar diselamatkan dari bencana yang menimpa mereka dengan amal-amal shalih yang diperintahkan Allah, yaitu Birrul Walidain (berbakti kepada kedua orang tua), meninggalkan maksiat karena Allah, padahal dia mampu melakukannya, dan mengikhlaskan hak-haknya kepada orang lain karena mencari ridha Allah.

- Hadits di atas juga menunjukkan bahwa amal shalih yang diniatkan karena Allah, dan meninggalkan maksiat, padahal dia mampu mengerjakannnya, karena takut kepada Allah menjadi penyebab keselamatan dari berbagai musibah di dunia dan penyebab selamat dari siksa api neraka di akhirat.

Selain hadits di atas, di sana terdapat beberapa contoh tawassul yang dibolehkan, bahkan di anjurkan yang disebut di dalam Al-Qur’an di antaranya:

1: Tawassul dengan doa, baik berdoa untuk diri sendiri maupun meminta doa dari orang yang shalih. Allah berfirman,

وَاِذَا سَاَلَكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَاِنِّيْ قَرِيْبٌ ۗ اُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِۙ فَلْيَسْتَجِيْبُوْا لِيْ وَلْيُؤْمِنُوْا بِيْ لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُوْنَ

“Apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Nabi Muhammad) tentang Aku, sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Maka, hendaklah mereka memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al-Baqarah[2]: 186)

Allah juga berfirman,

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ ࣖ

“Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu (apa yang kamu harapkan). Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri tidak mau beribadah kepada-Ku akan masuk (neraka) Jahanam dalam keadaan hina dina.” (QS. Gafir[40]: 60)

Dua ayat di atas menunjukkan anjuran untuk bertawassul dengan do’a agar semakin dekat dengan Allah. .

 

-Adapun meminta doa dari orang shalih, seperti para Nabi, wali dan ulama, di tunjukkan oleh firman Allah,

وَمَآ اَرْسَلْنَا مِنْ رَّسُوْلٍ اِلَّا لِيُطَاعَ بِاِذْنِ اللّٰهِ ۗوَلَوْ اَنَّهُمْ اِذْ ظَّلَمُوْٓا اَنْفُسَهُمْ جَاۤءُوْكَ فَاسْتَغْفَرُوا اللّٰهَ وَاسْتَغْفَرَ لَهُمُ الرَّسُوْلُ لَوَجَدُوا اللّٰهَ تَوَّابًا رَّحِيْمًا

“Kami tidak mengutus seorang rasul pun, kecuali untuk ditaati dengan izin Allah. Seandainya mereka (orang-orang munafik) setelah menzalimi dirinya datang kepadamu (Nabi Muhammad), lalu memohon ampunan kepada Allah, dan Rasul pun memohonkan ampunan untuk mereka, niscaya mereka mendapati Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.” (QS. An-Nisa[4]: 64)

قَالُوْا يٰٓاَبَانَا اسْتَغْفِرْ لَنَا ذُنُوْبَنَآ اِنَّا كُنَّا خٰطِـِٕيْنَ

“Mereka (anak-anak Ya‘qub) berkata, “Wahai ayah kami, mohonkanlah ampunan untuk kami atas dosa-dosa kami. Sesungguhnya kami adalah orang-orang yang bersalah.” (QS. Yusuf[12]: 97)

 

Dua ayat di atas menunjukkan kebolehan seseorang meminta doa daari orang shalih. Di ayat yang pertama (QS. An-Nisa[4]: 64) mereka memohon kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam untuk berdoa agar Allah mengampuni dosa-dosa mereka. Pada ayat kedua (QS. Yusuf[12]: 97) anak-anak Nabi Ya’kub memohon kepada bapaknya untuk berdoa, agar Allah mengampuni dosa-dosa mereka.

Bahkan nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam memberikan contoh dengan  meminta agar Umar bin Al-Khattab mendoakannya ketika beliau meminta izin untuk pergi umrah. Beliau bersabda,

"لا تنسا يا أخي من دعاءك"

“Jangan engkau melupakan kami, wahai saudaraku dari doa-doamu”

2. Tawassul dengan Asmaul Husna ketika berdoa. Allah berfirman,

وَلِلّٰهِ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰى فَادْعُوْهُ بِهَاۖ وَذَرُوا الَّذِيْنَ يُلْحِدُوْنَ فِيْٓ اَسْمَاۤىِٕهٖۗ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ ۖ

“Allah memiliki Asmaulhusna (nama-nama yang terbaik). Maka, bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut  (Asmaulhusna) itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya.296) Mereka kelak akan mendapat balasan atas apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. Al-A’raf[7]: 180)

 

وَجَاهِدُوْا فِيْ سَبِيْلِهٖ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

Salah satu bentuk Tawassul yang diperintahkan adalah berjihad di jalan Allah. berjihad di jalan Allah mencakup dua bentuk:

1. Berjihad dalam arti bersungguh-sunngguh untuk melaksanakan segala perintah Allah dan mengikuti segala larangannya. Termasuk di dalamnya berjihad melawan hawa nafsu.

2. Berjihad secara fisik dengan mengangkat senjata melawan orang-orang kafir yang memerangi Islam.

 

Sebagian ulama menyimpulkan dari ayat di atas, bahwa untuk mendekatkan diri kepada Allah bisa melalui tiga cara:

1. Bertaqwa, yaitu takut kepada Allah dengan cara meninggalkan seluruh larangan-Nya.

2. Mencari wasilah, dengan cara melaksanakan segala perintah-Nya.

3. Berjihad secara fisik dengna mengangkat senjata melawan orang-orang kafir, yang memerangi Islam.

اِنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَوْ اَنَّ لَهُمْ مَّا فِى الْاَرْضِ جَمِيْعًا وَّمِثْلَهٗ مَعَهٗ لِيَفْتَدُوْا بِهٖ مِنْ عَذَابِ يَوْمِ الْقِيٰمَةِ مَا تُقُبِّلَ مِنْهُمْ ۚ وَلَهُمْ عَذَابٌ اَلِيْمٌ

“Sesungguhnya orang-orang yang kufur, seandainya memiliki segala apa yang ada di bumi dan ditambah (lagi) dengan sebanyak itu untuk menebus diri mereka dari azab hari Kiamat, niscaya semua (tebusan) itu tidak akan diterima dari mereka. Bagi mereka azab yang sangat pedih”. (QS. Al-Maidah[5]: 36)

 

1. Pada ayat sebelumnya, Allah memerintahkan orang-orang beriman untuk mendekatkan diri mereka kepada Allah dengan tiga jalan, yaitu; bertaqwa, mencari wasilah, dan berjihad agar mereka mendapatkan kesuksesan dunia dan akhirat. Sedang pada ayat ini, Allah menjelaskan bahwa orang-orang Kafir yang tidak mau bertaqwa kepada-Nya akan dimasukkan ke dalam neraka dan akan mendapatkan siksa yang pedih.

2. Ayat di atas menunjukkan betapa berharganya diri seorang muslim jika dibandingkan dengan seluruh isi dunia ini, maka seorang muslim masih jauh lebih mahal harganya.

3. Ayat ini juga memberikan motivasi kepada setiap orang muslim agar bangga menjadi seorang muslim dan kalau perlu, hal itu dipersaksikan dihadapan manusia dengan berkata, “Saksikan saya adalah seorang muslim”. Ini sesuai dengan firman Allah,

فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ

“…Saksikanlah bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang muslim.”(QS. Ali-‘Imran[3]: 64)

Seorang Muslim tidak boleh minder, rendah diri, atau tidak percaya diri di depan orang kafir walau dia kaya raya, karena dirinya leih berharga dari dua kali isi dunia ini.

4. Ayat ini juga menunjukkan bahwa adzab Allah bisa di hindarkan dalam kehidupan dunia ini dengan menginfakkan harta di jalan Allah. Adapun dalilnya adalah:

a. Firman Allah,

۞ اِنَّ اللّٰهَ اشْتَرٰى مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ اَنْفُسَهُمْ وَاَمْوَالَهُمْ بِاَنَّ لَهُمُ الْجَنَّةَۗ

“Sesungguhnya Allah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan surga yang Allah peruntukkan bagi mereka.” (QS. At-Taubah[9]: 111)

b. Firman Allah,

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا هَلْ اَدُلُّكُمْ عَلٰى تِجَارَةٍ تُنْجِيْكُمْ مِّنْ عَذَابٍ اَلِيْمٍ تُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَتُجَاهِدُوْنَ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ بِاَمْوَالِكُمْ وَاَنْفُسِكُمْۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَۙ

“Wahai orang-orang yang beriman, maukah kamu Aku tunjukkan suatu perdagangan yang (dapat) menyelamatkan kamu dari azab yang pedih? (Caranya) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS. As-Saff[61]: 10-11)

c. Firman Allah,

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَّشْرِيْ نَفْسَهُ ابْتِغَاۤءَ مَرْضَاتِ اللّٰهِ ۗوَاللّٰهُ رَءُوْفٌۢ بِالْعِبَادِ

“Di antara manusia ada orang yang mengorbankan dirinya untuk mencari rida Allah. Allah Maha Penyantun kepada hamba-hamba(-Nya).” (QS. Al-Baqarah[2]: 207)

Tiga ayat di atas menunjukkan bahwa surga bisa dibeli dari adzab bisa dihindarkan dengan harta seorang muslim ketika masih hidup di dunia.

d. Sabda Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam

إتقوا النار ولو بشقّ تمر

“Hindarkan siksa neraka, walau hanya dengan setengah buah kurma”

 

Bandingkan ini dengan orang kafir yang tidak bisa menebus dirinya dari siksa api neraka walau menginfakkan seluruh isi bumi ini. Hal itu karena dua sebab:

1. Dia tidak beriman kepada Allah.

2. Dia menginfakkannya setelah mati.

 

Adapun orang beriman, walau hanya dengan sebiji atau setengah buah kurma, bisa menghindarkan dari siksa api neraka. Hal itu karena dua sebab juga:

1. Dia beriman kepada Allah.

2. Dia berinfak sebelum meninggal dunia.

 

Oleh karenanya, terjadi penyesalan pada diri orang yang datang ajalnya padahal dia belum berinfak di jalan Allah.

Ini sesuai dengan firman-Nya,

رَبِّ لَوْلَآ اَخَّرْتَنِيْٓ اِلٰٓى اَجَلٍ قَرِيْبٍۚ فَاَصَّدَّقَ وَاَكُنْ مِّنَ الصّٰلِحِيْنَ

“…“Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)-ku sedikit waktu lagi, aku akan dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang saleh.” (QS. Al-Munafiqun[63]: 10)

 

e. Sabda Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam,

الصحة تطفىء غضب الرحمان

“Sedekah itu bisa memadamkan murka Allah yang Maha Rahman”

 Hadits ini juga menunjukkan bahwa innfak dan sedekah di dunia bisa menghindarkan dari murka Allah

f. Utsman bin Affan dan Abdurrahman bin ‘Auf dijamin akan masuk surga dan terhindar dari siksa neraka karena harta yang mereka infakkan di jalan Allah.

 

يُرِيْدُوْنَ اَنْ يَّخْرُجُوْا مِنَ النَّارِ وَمَا هُمْ بِخٰرِجِيْنَ مِنْهَا ۖوَلَهُمْ عَذَابٌ مُّقِيْمٌ

“Mereka ingin keluar dari neraka, tetapi tidak akan dapat keluar dari sana. Bagi mereka azab yang kekal” (QS. Al-Maidah[5]: 37)

Ayat ini menunjukkan bahwa orang kafir dakan masuk nereka dan kekal di dalamnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

KARYA TULIS